Skip to main content

Mentan Ajak Peternak Sapi, Kambing, dan Domba Tingkatkan Produksi Daging dan Susu

Jakarta, 2 Juli 2024 – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengundang secara langsung para pelaku usaha di bidang peternakan, khususnya peternak sapi, kambing, dan domba, untuk mempercepat penyediaan daging dan susu yang berkualitas. Acara ini berlangsung di Kantor Pusat Kementerian Pertanian pada tanggal 2 Juli.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan Amran menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha untuk mencapai tujuan besar dalam program Makan Bergizi. “Rencana besar kita adalah Makan Bergizi. Saatnya kita bergandengan tangan, bersinergi, dan berkolaborasi untuk menggunakan momentum emas ini dalam memenuhi program Presiden terpilih,” ujar Mentan Amran.

Mentan Amran juga menyoroti berbagai aspek penting yang harus diperhatikan dalam penyediaan daging dan susu, seperti regulasi dan legalitas (perizinan), sumber benih dan bibit, kemudahan lahan, insentif pembiayaan, serta sarana dan prasarana logistik. “Permudah legalitas, pelaku usaha berproduksi dan menguntungkan. Regulasi-regulasi mana yang dibutuhkan, sampaikan ke sini,” tegas Mentan Amran.

Lebih lanjut, Mentan Amran menambahkan bahwa ke depannya perlu dibuat kawasan terintegrasi untuk menciptakan sistem produksi yang efisien, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk peternakan di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri (TAM) Bidang Hilirisasi Produk Peternakan, Ali Agus, turut menyampaikan pentingnya peran pemerintah dalam memfasilitasi pelayanan prima kepada para pelaku usaha peternakan. “Mereka adalah pahlawan-pahlawan pangan yang menyediakan sumber-sumber protein hewani seperti susu dan daging. Tugas kita adalah menerjemahkan arahan Menteri Pertanian ke dalam bentuk yang nyata, bagaimana melayani dengan optimal dan prima,” ujar Ali Agus.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah, berharap Indonesia dapat mencapai swasembada daging dan susu melalui kolaborasi kuat dan sinergi bersama para pelaku usaha. “Untuk menyediakan SDM peternakan, UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kementan sudah disiapkan untuk melatih petugas yang akan melaksanakan program tersebut dan bekerja sama dengan perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Peternakan untuk memberikan pendampingan bagi peternak,” jelas Dirjen Nasrullah.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Pertanian, diharapkan para peternak dapat lebih produktif dan berkontribusi dalam menciptakan ketahanan pangan nasional. Mari bersama-sama wujudkan swasembada daging dan susu demi Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.

No Comments yet!

Your Email address will not be published.